Begini Caranya Agar Tetap Bugar Berpuasa Jelang Lebaran

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
08 Juni 2018   17:00

Komentar
Begini Caranya Agar Tetap Bugar Berpuasa Jelang Lebaran

Dehidrasi bisa memicu lemas, sakit kepala, juga sulit berkonsentrasi. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum sekitar 8 hingga 10 gelas air per hari. (Reader's Digest)

Trubus.id -- Sebentar lagi, bulan Ramadan akan berakhir. Hari Raya Idul Fitri yang dinanti-nanti pun akan tiba dalam hitungan hari. Meski begitu, kalian tidak boleh lengah dalam menjaga kesehatan ya, Trubus Mania. Nah, tips tetap bugar selama puasa menjelang lebaran ini perlu kamu terapkan.

Ya, hari-hari menjelang lebaran mungkin jadi saat paling sibuk selama Ramadan. Mulai dari mempersiapkan rumah untuk menyambut tamu hingga persiapan mudik. Di tengah kesibukan itu, kesehatan harus tetap terjaga agar tetaap bugar dan fit selama lebaran. Berikut tipsnya seperti dilansir dari DokterBabe.

Tetap Menjaga Pola Makan Sehat

Menu sehat untuk sahur dan berbuka tidak boleh diabaikan meski Ramadan akan berakhir. Pastikan konsumsi makanan bergizi saat sahur karena akan menjadi sumber energi selama berpuasa. Biji-bijian utuh (oat, nasi merah) juga serat (sayur dan buah-buahan) sebaiknya tersedia dalam menu sahur. Pilih menu makan malam sehat. Meski berpuasa, tetap batasi makanan tinggi lemak dan gula. Lebih baik, pilih sajian sehat dan seimbang yang terdiri dari karbohidrat, serat dan protein. Menu sederhana seperti nasi, bayam, beserta ikan bisa menjadi pilihan.

Baca Lainnya : Jangan Khawatir, Ini 7 Tips Cegah Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Pastikan tubuh tetap terhidrasi. Dehidrasi bisa memicu lemas, sakit kepala, juga sulit berkonsentrasi. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum sekitar 8 hingga 10 gelas air per hari. Berbukalah perlahan, jangan langsung makan berat. Sesuai teladan Rasulullah, berbukalah dengan kurma dan air. Rasa manis buah kurma dapat membantu mengembalikan energimu.

Perhatikan Bahan Pembuat Kue Lebaran

Mendekati akhir Ramadan, kamu mungkin sudah mulai membuat atau membeli kue lebaran. Agar sajian tetap sehat, perhatikan bahan-bahan pembuatnya.
Contohnya, kamu lebih baik memilih kue dengan pemanis alami seperti madu atau stevia dibanding gula pasir. Pasalnya, gula pasir tinggi kalori. Tambahan bahan lain seperti ekstrak vanilla juga bisa membuat kue tetap lezat namun rendah kalori. Namun, bila kesulitan menemukan gula alami, pilih atau buatlah kue dengan kadar gula lebih sedikit dari anjuran resep. Ingat, konsumsi gula berlebih bisa memicu kenaikan berat badan, bahkan meningkatkan risiko diabetes.

Membersihkan Rumah Bisa Jadi Sarana Olahraga

Agar sehat, kamu perlu tetap bergerak. Membersihkan rumah bisa menjadi alternatif pengganti olahraga sekaligus mempersiapkan diri menyambut tamu jelang lebaran.
Pekerjaan rumah seperti menyapu dan mengepel lantai saja bisa membakar hingga 160 kalori, setara dengan bersepeda sekitar 20 menit. Kamu bisa melakukan kegiatan ini jelang berbuka agar tidak kelelahan. Agar manfaat sehat tersebut tidak hilang, perhatikan juga semua bahan pembersih yang digunakan. Beberapa mungkin bisa menyebabkan iritasi ataupun alergi. Sebaiknya, pembersih dibuat dari bahan alami, memiliki pH netral, juga biodegradable (dapat terurai secara alami).

Baca Lainnya : Bekal Wajib yang Bikin Kamu Fit Saat Mudik Lebaran

Coba Tidur Siang

Kesibukan mulai dari membersihkan rumah, membuat kue, bahkan meningkatkan kesempatan beribadah dengan tahajud juga iktikaf selama 10 hari terakhir Ramadan, mungkin membuatmu kurang tidur di malam hari. Kurang tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan, mulai dari sistem pencernaan hingga kekebalan tubuhmu. Oleh karena itu, tetap pastikan waktu istirahatmu cukup. Waktu tidur malam bisa diganti dengan tidur siang.

Tidur siang disebut bisa membuatmu kembali berenergi dan waspada, memperbaiki suasana hati, bahkan meningkatkan daya ingat, loh. Bagi kamu yang pergi mudik saat puasa, pastikan untuk menjaga kesehatan selama perjalanan dengan tidak menahan buang air kecil, berhentilah saat lelah, dan jangan lupa membawa obat-obatan penting, seperti obat antimabuk, maag, dan lainnya.

Cara agar tetap bugar selama berpuasa jelang lebaran mungkin sedikit berbeda karena kesibukan yang kamu lakukan. Namun, selama masa ini pun, ingat untuk tetap mengonsumsi makanan sehat, tidur cukup dan berolahraga, ya.

Selamat menyambut Hari Kemenangan, Trubus Mania! [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Daur Ulang Sampah Ternyata Berbahaya Bagi Lingkungan

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          

7 Manfaat Kesehatan dari Si Mungil Daun Ciplukan

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: