Saat Macet, Buka Jendela atau Nyalakan AC? Ini Saran Dokter

TrubusLife
Ayu Setyowati
07 Juni 2018   19:00 WIB

Komentar
Saat Macet, Buka Jendela atau Nyalakan AC? Ini Saran Dokter

Ilustrasi terjebak macet. (VideoBlocks)

Trubus.id -- Waktu mudik hampir tiba nih, Trubus Mania! Tidak sedikit masyarakat yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke kampung halaman. Tapi, dari tahun ke tahun, macet selalu menjadi masalah utama bagi pemudik.

Dr. Agus Dwi Susanto SpP(K), ahli pernapasan dari Divisi Paru Kerja dan Lingkungan, Departemen Pulmonologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberi saran bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi di kala terjebak macet, "Untuk mobil ber-AC, sebaiknya tutup jendela dan nyalakan AC mode recirculate. Jangan outdoor circulate,"

Meskipun begitu, menurut Agus, jika terjebak dalam keadaan macet total dan memakan waktu lama, hal tersebut tetap dapat meningkatkan kadar karbondioksida (CO2) dalam mobil.

Baca Lainnya : Bekal Wajib yang Bikin Kamu Fit Saat Mudik Lebaran

"Jika penumpangnya banyak, dapat meningkatkan C02 dalam kabin yang juga berbahaya. Jadi, buka jendela tiap 1 jam selama 5 hingga 10 menit agar CO2 keluar," ujar dr Agus.

Jika menggunakan mobil yang tidak ada AC dan terjebak macek, dr. Agus tidak menyarankan untuk menutup jendela, melainkan mematikan mesin dan keluar dari mobil.

"Itu punya dampak CO2 naik dalam kabin dan juga panas. Bisa menyebabkan dehidrasi dan terkena dampak suhu panas," ujar dr Agus. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: