Nikmatnya Buka Puasa dengan Toge penyabungan

TrubusLife
Thomas Aquinus
03 Juni 2018   21:30 WIB

Komentar
Nikmatnya Buka Puasa dengan Toge penyabungan

Toge penyabungan Wak Dolah (Reza Perdana)

Trubus.id -- Setelah berpuasa seharian penuh, menyantap makanan yang nikmat dan menggugah selera merupakan hal yang sangat menyenangkan. Terutama jika menyantap makanan yang hanya ada saat Ramadan saja.

Toge Penyabungan Wak Dolah bisa menjadi rekomendasi menu berbuka puasa tersebut. Berada di Jalan HM Yamin atau tepatnya di depan Masjid Perjuangan 45 Medan, Kota Medan, Sumatera Utara, Toge Penyabungan Wak Dolah bisa dibeli.

Pemilik Toge Penyabungan Wak Dolah, Atik mengatakan, Toge Penyabungan adalah salah satu menu yang cukup favorit saat Ramadan. Walau sebenarnya Toge Penyabungan juga sering disantap tak hanya saat Ramadan.

Baca Lainnya : Bubur Kanjir Rumbi, Makanan Berbuka Puasa Khas Masjid Raya Aceh Sepakat

“Toge Penyabungan Wak Dolah sudah ada turun temurun, sejak zaman buyut saya dan saat ini saya dan anak saya yang melanjutkan. Kalau bisa dibilang sudah lebih dari 50 tahun,” katanya saat ditemui disela-sela berjualan, Minggu (3/6).

Atik menjelaskan, Toge Penyabungan Wak Dolah sangat cocok untuk menu berbuka puasa, karena memiliki cita rasa yang khas dan juga berisi berbagai bahan yang memang sangat cocok untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa.

“Toge Penyabungan Wak Dolah isinya ada Lupis, Pulut Hitam, Tape Pulut, Candil, Cendol yang kemudian dicampur dengan santan dan juga Gula Aren,” jelasnya.

Baca Lainnya : Kenikmatan Bubur Sup Masjid Raya Al-Mashun Jadi Incaran Saat Berbuka Puasa

Dijual dengan harga Rp 12 ribu per bungkus, Toge Penyabungan Wak Dolah sudah mulai buka sejak pukul 14.00 WIB dan tutup setelah berbuka puasa atau setelah Maghrib.

“Rata-rata bisa menjual sampai 200 bungkus per hari, tapi kadang juga bisa sampai 250 bungkus. Kalau jumlahnya tidak tentu, setiap harinya berbeda-beda jumlah penjualannya,” ungkapnya.

Atik menuturkan, Toge Penyabungan merupakan salah satu panganan khas masyarakat Mandailing. Toge Penyabungan makanan yang menjadi favorit masyarakat Mandailing dan kemudian juga menjadi panganan favorit masyarakat Medan.

Baca Lainnya : 7 Kurma Terbaik untuk Buka Puasa Selama Ramadan

“Toge Penyabungan memiliki rasa yang manis, namun juga gurih serta sangat lemak karena berisi banyak makanan yang kemudian bercampur menjadi satu,” tuturnya.

Atik juga mengatakan, nama Toge Penyabungan sendiri memang sudah dari dahulu dan memang berasal dari tempat asalnya yaitu Mandailing.

“Banyak memang yang bertanya tentang nama karena kata toge sendiri identik dengan nama dari jenis sayuran,” katanya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Hati-Hati, 8 Penyakit Ini Ditandai dengan Keringat Dingin

Health & Beauty   19 Jan 2020 - 17:35 WIB
Bagikan: