Kenapa Biji Rami Disamakan dengan Ganja?

TrubusLife
Trubus Life
12 Sep 2017   17:30 WIB

Komentar
Kenapa Biji Rami Disamakan dengan Ganja?

Biji rami dikatakan mirip dengan ganja. (Foto: Pixabay/ ulleo)

Trubus.id -- Biji rami yang merupakan sumber asam lemak omega-3, protein lengkap, dan mineral, kini banyak dihubungkan dengan ganja karena kemiripan bentuknya. Padahal, biji rami menjadi makanan pokok mereka yang melakukan diet sehat.

Banyak orang memanfaatkan biji rami dalam berbagai jenis makanan sehat. Contohnya untuk melengkapi salad, smoothies, atau mengubahnya jadi granola dan susu rami. Biji rami dibudidayakan dari tanaman rami yang tumbuh untuk dimanfaatkan serat dan bijinya.

Bentuk tanaman rami yang mirip dengan ganja membuat orang sering menghubungkan keduanya. Kedua tanaman ini memang berasal dari spesies yang sama, Cannabis sativa L. Tetapi, ada perbedaan besar antara rami dan ganja.

Tanaman rami lebih tinggi dan tipis dibanding ganja. Selain itu, rami juga mengandung kadar tetrahydrocannabinol (THC) yang rendah (kurang dari 0,3 persen). Sedangkan ganja mengandung kadar THC tinggi mulai dari 5 hingga 30 persen. THC inilah yang menjadi komponen psikoaktif berbahaya dari Cannabis sativa.

Biji rami yang marak dijual di pasaran umumnya memiliki tekstur yang lunak untuk dimasak dan dikonsumsi. Biji rami tidak akan membuatnya seseorang mengalami halusinasi layaknya jika mengonsumsi ganja. Itu karena biji rami mengandung THC yang sangat kecil.

Menurut Jolene Formene, staf pengacara Aliansi Kebijakan Narkoba, biji rami tidak bersifat psikoaktif, sehingga tidak dapat disamakan dengan ganja. Mengonsumsi biji rami juga dipastikan tidak berpengaruh dalam tes narkoba. [WO/DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: