Tak Perlu cemas Lagi, Ilmuwan: MSG Aman Digunakan

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
03 Mei 2018   12:00

Komentar
Tak Perlu cemas Lagi, Ilmuwan: MSG Aman Digunakan

MSG (Foto: Harvest Supplement)

Trubus.id -- Kampanye untuk mengehentikan penggunaaan MSG mungkin masih saja gencar dilakukan. Ini karena reputasi buruk MSG berasal dari beberapa penelitian awal, termasuk laporan tahun 1968 tentang "Sindrom Restoran China" yang menyalahkan MSG karena membuat orang merasa sakit. 

Namun, dalam dekade-dekade setelah itu, ada sedikit dukungan untuk klaim bahwa MSG memiliki efek negatif yang lazim. Perasaan sakit yang didapatkan setelah menjejali diri dengan makanan Cina yang buruk dapat disebabkan oleh bahan-bahan lain atau hanya tindakan makan makanan yang tidak sehat secara berlebihan. 

Baca Lainnya: Mau Panjang Umur, Ikuti 5 Pola Hidup Ini

"MSG sangat aman," kata Steve Witherly, seorang ilmuwan makanan. “Kami melakukan penelitian di UC Davis, ketika saya berada di sana, di mana kami minum segelas dengan sekitar 25 gram, dan tidak ada yang terjadi.” katanya, mengutip Business Insider. 

Witherly sendiri menggunakan monosodium glutamat sepanjang waktu dalam masakan rumahnya - yang biasa ia sebut sebagai campuran "supersalt" yang menampilkan sembilan bagian garam, satu bagian MSG, dan sedikit disodium inosinat dan disodium guanylate.

"Brokoli akan jadi luar biasa jika Anda menambahkan mentega, bawang putih, dan supersalt," katanya. "Begitu juga dengan popcorn - dibumbui dengan Parmesan, bubuk bawang putih atau lada putih, dan supersalt - lalu orang akan sering bertanya tanpa ragu, "Mengapa popcorn Anda jauh lebih baik daripada saya?"

Baca Lainnya: Tak Perlu Dihindari, Dapatkan 7 Manfaat Sehat dari Nasi

Bagi banyak orang, memasak dengan MSG dan bahan kimia aneh lainnya terdengar menakutkan. Namun menurut Witherly, penulis buku “Why Humans Like Junk Food,” sebenarnya aman-aman saja. 

MSG bahkan dapat melezatkan makanan sehat, ilmuwan makanan berhipotesis, dengan tidak hanya membuat kale lebih lezat tetapi juga membuat  kamu menggunakan lebih sedikti garam. 

Percaya atau tidak, sebagian besar ilmuwan sepakat tentang hal ini. Ambillah dari American Chemical Society, yang mengatakan, "MSG dapat memengaruhi sementara beberapa orang tertentu ketika dikonsumsi dalam jumlah besar dengan perut kosong, tetapi itu sangat aman bagi sebagian besar orang." [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: