Mau Panjang Umur, Ikuti 5 Pola Hidup Ini

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
02 Mei 2018   19:15

Komentar
Mau Panjang Umur, Ikuti 5 Pola Hidup Ini

Ilustrasi (Foto: Medikoe)

Trubus.id -- Panjang umur dan sehat adalah impian semua orang. Dan sebenarnya untuk mencapai impian itu tak terlalu sulit loh, Trubus Mania

Pola hidup sehat tentu saja harus menjadi prioritas utama. Dikutip dari Men's Health, para peneliti Universitas Harvard menemukan pola hidup yang bisa memperpanjang usia. 

Menurut studi tersebut, setidaknya ada lima hal untuk hidup lebih panjang: tidak merokok, BMI yang sehat, olahraga, hindari minum alkohol berlebihan dan menerapkan pola makan sehat. 

Baca Lainnya: Yuk Hidup Sehat Bebas Kolesterol, Tunggu Apalagi?

Diterbitkan dalam jurnal Circulation, studi ini menyimpulkan, pria yang mematuhi lima pola tersebut, memiliki hidup sekitar 12 tahun lebih lama daripada mereka yang tidak mengikuti salah satu dari antaranya.  

Gaya hidup sehat itu bukan hanya bermanfaat untuk pria, untuk perempuan juga mendapatkan tambahan usia 14 tahun. Kebiasaan ini juga mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dan kanker. Penelitian ini menggunakan data dari dua penelitian, Nurses' Health Study dan the Health Professionals Follow-Up Study, terhadap lebih dari 123.000 orang.

Baca Lainnya: 7 Tips Hidup Sehat dan Bahagia dari Guru Yoga Usia 99 Tahun

Hasil studi ini bukan hal baru bagi mereka yang sudah lebih dulu melakukan. Namun, cukup mengejutkan lantaran dampak tambahan usia yang didapat. "Bagi saya, hasil yang mengejutkan adalah seberapa kuat itu: apa dampak besar perilaku sederhana ini terhadap harapan hidup," kata rekan penulis studi Meir Stampfer dari Harvard Medical School kepada CNN. 

Jika masih tidak percaya, berikut penjelasan lima pola tersebut dapat memperpanjang hidup. 

1. Berat badan ideal 

Studi Harvard menemukan, orang dengan risiko kematian dini yang rendah rata-rata memiliki Indeks Massa Tubuh (BMI) antara 18,5 dan 24,9. Menurut National Institute of Health, orang dengan BMI di atas 25 dianggap kelebihan berat badan, dan orang dengan BMI di atas 30 dianggap obesitas. Meskipun perhitungan BMI tidak selalu paling dapat diandalkan, penelitian menunjukkan, menurunkan beberapa kilogram agar memiliki BMI normal bisa memperpanjang hidup.

2. Tidak merokok 

Meskipun peserta dalam penelitian ini tidak merokok, tapi komitmen untuk berhenti merokok juga dapat memperpanjang hidup. Studi pada tahun 2002 menyimpulkan, orang yang berhenti merokok pada usia 65 tahun memiliki hidup lebih lama. Sementara pria yang berhenti di usia 35 tahun, memiliki angka harapan hidup tambahan sekitar tujuh atau delapan tahun.

3. Olahraga teratur 

Menurut studi, berjalan 30 menit sehari sudah cukup untuk hidup lebih lama. Namun dengan catatan, kecepatan berjalan sedang atau bertenaga. Selain itu, menjadi aktif juga meningkatkan memori, suasana hati dan pembelajaran.

4. Pola makan sehat 

Tim di Harvard menilai pola makan orang-orang menggunakan Indeks Makan Sehat Alternatif, yang menekankan kualitas makanan, seperti biji-bijian daripada dihaluskan, dan buah utuh daripada dijus. Orang-orang yang mengonsumsi makanan dengan peringkat lebih tinggi—seperti sayuran berdaun hijau, oatmeal, ikan, kacang, dan kacang polong—cenderung hidup lebih lama.

5. Hindari minum alkohol berlebih 

Batas maksimal yang dianjurkan untuk dapat hidup lebih lama adalah dua gelas alkohol per hari. Untuk analisis ini, pria dibatasi minum alkohol antara 5 sampai 30 gram alkohol sehari, atau 12 ons bir. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Buruk, Dampak Makanan Organik pada Perubahan Iklim

Karmin Winarta   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: