Laba-Laba Tertua di Dunia Itu Akhirnya Mati di Usia 43 Tahun

TrubusLife
Karmin Winarta
30 April 2018   15:45 WIB

Komentar
Laba-Laba Tertua di Dunia Itu Akhirnya Mati di Usia 43 Tahun

Laba-laba tertua (Foto: AAP: Curtin University)

Trubus.id-- Usia serangga ternyata bisa sangat panjang. Seekor laba-laba di Australia Barat baru-baru ini dinyatakan mati karena usia tuanya. Laba-laba jenis Giaus Villosus atau trapdoor , penjebak ini mati dalam usia 43 tahun.

Rekor laba-laba tertua yang mati sebelumnya adalah seekor tarantula Meksiko berusia 28 tahun.

Australia memang terkenal sebagai negara yang mempunyai beragam hewan liar. Di negeri kanguru ini banyak makhluk-makhluk mematikan yang bisa ditemui di sekitar rumah.  

Baca Lainnya: Ditemukan Spesies Baru, Laba-Laba yang Indahnya Mirip Burung Merak

Leanda Mason dari Curtin University mengatakan, kehidupan arakhnida yang signifikan memungkinkan para ilmuwan  menyelidiki lebih lanjut perilaku dan dinamika populasi laba-laba jenis ini.

Proyek penelitian ini dimulai oleh ahli biologi terkenal dari University of WA dan peneliti spesialis laba-laba Barbara York Main pada tahun 1974.

Laba-laba betina ini ditemukan dalam survei asli Profesor Main pada tahun itu.

Dari hasil penelitiannya mereka dapat menentukan, rentang usia yang panjang dari laba-laba trapdoor adalah sejarah hidup mereka, termasuk bagaimana mereka bisa survive.

Hasil penelitian profesor Main menunjukkan, laba-laba jantan meninggalkan sarangnya setelah waktunya habis yakni sekitar tujuh hingga sembilan tahun untuk mengembara mencari jodoh, setelah itu dia mati.

Sementara yang betina harus membesarkan anak-anak di dalam perlindungan di liangnya, yang dia tutup sementara dengan lumpur. Dia tinggal di dalam liang yang sama selama hidupnya.

Para ilmuwan percaya, "Nomor 16" hidup begitu lama dengan tetap berada di satu liang  selama hidupnya. Hal ini memungkinkan untuk  menghemat energi. Penelitian ini suatu hari dapat membantu mengajari manusia tentang kehidupan yang berkelanjutan. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: