Harus Banget Begadang, Ini 5 Trik Supaya Tetap Sehat

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
30 April 2018   14:00

Komentar
Harus Banget Begadang, Ini 5 Trik Supaya Tetap Sehat

Ilustrasi (Foto: The Cheat Sheet)

Trubus.id -- Ya, begadang memang banyak efek buruknya. Namun kadang ada beberapa hal penting yang mengharuskan kita untuk terjaga, bahkan hingga pagi. Pekerjaan atau pertandingan bola, misalnya. 

"Tubuh kita diprogram untuk tidur di malam hari dan terjaga dan waspada di siang hari," kata Christopher Drake, PhD, peneliti tidur dari Henry Ford Sleep Disorders Center.

"Ketika kita mencoba untuk tidur larut dan tidur di siang hari, kita bekerja melawan tubuh kita sendiri," masih kata Drake yang juga profesor psychiatry & behavioral neurosciences di Wayne State University School of Medicine, Detroit.  

Kalau memang terpaksa begadang, Drake membagikan sejumlah tipsnya agar tetap bisa sehat dan terbebas dari penyakit. Dikutip dari detikHealth, berikut ini adalah cara-caranya.

1. Tidur dulu sebelum begadang

Sebelum begadang, tidurlah sedikit lebih lama pada malam sebelumnya, atau bisa juga mencuri kesempatan pada tidur siang. "Seseorang bisa menabung waktu tidurnya," kata Drake.

"Untuk mempersiapkan waktu malam (begadang), tidurlah selama sembilan jam setiap malam selama seminggu dan tabung sejumlah waktu tidur," saran Drake.

2. Sibukkan diri 

Orang-orang yang tetap sibuk ketika mereka mengantuk cenderung mendorong rasa kantuknya karena mereka fokus dan teralihkan dengan tugas yang dilakukan. 

3. Ngopi

Kafein adalah teman efektif untuk terjaga hingga larut malam. Namun, hanya menenggak satu minuman dengan kadar kafein tinggi pada awal tidak akan membantu kamu tetap melek sepanjang malam. Drake merekomendasikan untuk meminum minuman berkafein dengan kadar rendah secara berkala.

"Itu akan membantu menjaga kewaspadaan tetapi juga menghindari orang-orang mengalami gangguan tidur yang signifikan begitu mereka pulang dan siap untuk tidur.”

4. Curi-curi waktu untuk tidur singkat

 "Kamu tidak bisa lepas dari efek negatif jam sirkadian. Seseorang akan mengantuk sekitar jam 4 pagi hingga 5 pagi karena itu memang waktu yang paling mengantuk," ujar Drake.

Bersiaplah untuk merasa sangat mengantuk di jam-jam sebelum fajar dan gunakan semua tindakan pencegahan yang mungkin untuk membantumu tetap terjaga. Sah-sah saja kok untuk mencuri-curi waktu tidur beberapa menit saat shift malam.

5. Jangan paksakan tidur

"Sebagian besar pekerja shift malam akan tidur dalam 10 atau 15 menit, tetapi setelah empat jam, tidur mereka menjadi terfragmentasi," tutur Drake.

Drake lebih menyarankan untuk membagi jadwal tidur menjadi dua kali yang masing-masing berlangsung selama 3-4 jam. Ia juga menjelaskan jangan memaksakan diri untuk tidur jika memang tidak bisa terlelap. Lebih baik bangun dan melakukan aktivitas lain.

"Bangun dan lakukan apa yang perlu kamu lakukan. Lakukan aktivitas setelah tiga atau empat jam terjaga, setelahnya tidur siang selama tiga atau empat jam sebelum kembali bekerja," tutupnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Buruk, Dampak Makanan Organik pada Perubahan Iklim

Karmin Winarta   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: