Studi: Makan Lebih Sedikit, Anjing Panjang Umur

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
25 April 2018   14:15

Komentar
Studi: Makan Lebih Sedikit, Anjing Panjang Umur

Ilustrasi. (Foto: The Daily Meal)

Trubus.id -- Kita semua tahu bahwa banyak orang Amerika berjuang dengan berat badannya. Tapi, apakah Trubus Mania tahu kalau itu juga berlaku buat anjing peliharaan mereka?

Ya, lebih dari setengah anjing yang dipelihara masyarakat Amerika Serikat mengalami obesitas atau kelebihan beran badan. Menempatkan hewan tersebut pada risiko kesehatan seperti hipertensi, diabetes, osteoarthritis dan penyakit hati.

Tapi, ada kabar baiknya juga loh. Sebagai pemilik anjing, kita bisa mengendalikan salah satu faktor terbesar yang berkontribusi pada berat badan anjing, apalagi kalau bukan makanan.

Baca Lainnya: Selamatkan Anak Hilang, Anjing Ini Terima Penghargaan Polisi

Mengutip PuppyLeaks, sebuah penelitian pada tahun 2007 melihat efek jangka panjang pembatasan diet terhadap dampak pada rentang usia anjing peliharaan. Penelitian ini dilakukan selama dua dekade dengan 48 labrador retrivers sebagai subyek.

Anjing dipasangkan pada usia 8 minggu; salah satu anjing akan diberi makanan 25 persen lebih sedikit daripada pasangannya selama durasi kehidupannya. Analisis biokimia serum dilakukan, kondisi tubuh dinilai, dan komposisi tubuh diukur sampai anjing mencapai usia 12 tahun.

Baca Lainnya: Hercules, Anjing Pekerja di Bandara yang Dibayar Rp 100 Juta

Anjing-anjing yang makanannya dibatasi, memiliki kandungan lemak tubuh dan trigliserida serum, triiodothyronine, insulin, dan konsentrasi glukosa yang lebih rendah. Tanda-tanda klinis penyakit kronis juga tertunda untuk anjing dengan makanan yang dibatasi.

Hasilnya menunjukkan bahwa, pengurangan 25 persen dalam asupan makanan meningkatkan rentang hidup rata-rata anjing hampir 2 tahun (1,8 rata-rata) dan menunda timbulnya penyakit kronis.

Penelitian ini dilakukan setelah para ilmuwan menemukan bahwa ada penurunan yang signifikan dalam timbulnya penyakit ortopedi pada labrador retriever setelah hewan peliharaan tersebut diberi pengurangan 25 persen dalam asupan makanannya. [DF]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Lagi Diet Keto, Jangan Lakukan 4 Hal Ini

Diah Fauziah   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: