Moody dan Jerawatan, Mungkin Kamu Kebanyakan Makan Gula

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
24 April 2018   18:45

Komentar
Moody dan Jerawatan, Mungkin Kamu Kebanyakan Makan Gula

Bukan cuma menggendut, konsumsi gula berlebih juga memengaruhi banyak hal lain dalamtubuh kita. (Foto: MyFitnessPal)

Trubus.id -- Selain memang karena hobi dan kebiasaan, banyak orang melampiaskan rasa stresnya dengan mengonsumsi makanan manis. Bukan cuma menggendut, konsumsi gula berlebih juga memengaruhi banyak hal lain dalam tubuh kita.

Dikutip dari Self, jerawatan, lemot sampai ketagihan lebih banyak gula adalah beberapa contoh akibat yang terjadi jika Trubus Mania terus-menerus menjadi ‘sweet tooth’.

Ketagihan Gula

Perut seakan tak ada kata 'kenyang' untuk melahap semua minuman dan makanan dengan kadar gula tinggi. Semakin banyak Trubus Mania mengonsumsi gula, semakin tinggi hasrat ingin memakannya lagi.

Menurut Brooke Alpert, MS, RD, penulis buku 'The Sugar Detox: Lose Weight, Feel Great and Look Years Younger', mengonsumsi makanan tinggi gula membuat respons hormonal dalam tubuh naik dan turun. Hal itu memicu tubuh untuk menginginkan lebih banyak gula.

Baca Lainnya: Peran Penting Orangtua Melindungi Keluarga dari Diabetes

Moody

Kadar gula yang mendadak turun setelah melonjak tinggi usai mengonsumsi makanan tinggi gula, dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan membuat kamu jadi lebih mudah marah.

"Energi paling bagus adalah ketika gula darah stabil. Jadi, ketika kamu mengonsumsi terlalu banyak gula, dapat memengaruhi mood seseorang. Ya, tinggi dan rendahnya kadar gula darah yang dikonsumsi, memengaruhi energi seseorang," kata Alpert.

Lemot

'Kabut otak' atau kelinglungan, kurangnya daya konsentrasi, merupakan gejala umum kadar gula darah yang rendah. Ketika makan banyak gula, kadar gula darah naik dan turun dengan cepat, bukan secara bertahap.

"Kontrol gula darah yang buruk merupakan risiko utama untuk masalah dan gangguan kognitif," kata Alpert.

Jadi, jangan heran kalau Trubus Mania jadi lebih sering lemot dan cukup lama memproses informasi yang masuk ke dalam otak. Imbangi asupan makanmu dengan serat, lemak, protein, dan mineral.

Toleransi Gula Meningkat

Padahal, kamu sudah menambahkan dua sendok gula pada secangkir teh! Menurut Alpert, kebiasaan makan gula berlebih juga akan memengaruhi seleramu, loh.

"Konsumsi gula berlebihan bisa menyebabkan toleransi gula pasir meningkat. Jadi, kamu membutuhkan lebih banyak gula untuk memuaskan hasrat manis itu," katanya. Padahal, batas normal pemakaian gula yakni tidak lebih dari dua sendok per hari.

Baca Lainnya: Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Pengidap Diabetes Harus Olahraga Rutin

Jerawat

"Beberapa orang sensitif dengan lonjakan insulin dari asupan gula karena dapat memicu hormon cascade yang dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat atau rosacea," Rebecca Kazin, MD, dari Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery dan Johns Departemen dermatologi Hopkins.

Efek ini bisa timbul beberapa hari setelah kamu melakukan 'pesta' gula. Masih mau makan makanan yang super manis, Trubus Mania?

Obesitas dan Resistensi Insulin

Kelebihan gula adalah kelebihan kalori. Gula juga tidak mengandung protein atau serat, sehingga tidak akan membuat kamu kenyang. Selain itu, kelebihan gula juga memicu pelepasan insulin, hormon yang memainkan peran besar dalam kenaikan berat badan dan diabetes.

Ketika seseorang makan gula, pankreas melepaskan insulin, yang membawa gula ke seluruh organ sehingga dapat digunakan untuk energi. Ketika seseorang mengonsumsi gula, tubuh mereka diberitahu untuk memproduksi lebih banyak insulin. Seiring waktu, produksi yang berlebihan dapat menyebabkan resistensi insulin.

Resistensi insulin berarti tubuh tidak dapat merespon jumlah insulin yang normal dengan benar. Karena itu, tubuh tidak dapat menggunakan gula dengan cara yang benar. Terlebih lagi, ketika pankreas bekerja terlalu cepat untuk waktu yang lama, kamu juga dapat mengembangkan diabetes tipe 2.

Jadi, yakin masih mau makan makanan manis secara berlebihan? [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: