Dulu Belut Sawah Dipancing di Sawah, Kini Sudah Bisa Dibudidayakan di Kolam

TrubusLife
Trubus Life
16 Mar 2017   11:03 WIB

Komentar
Dulu Belut Sawah Dipancing di Sawah, Kini Sudah Bisa Dibudidayakan di Kolam

()

Dulu budidaya belut sawah memang belum banyak dilakukan secara kultur di kolam-kolam karena belut dianggap kurang diminati konsumen. Namun, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kini belut sudah banyak dilirik oleh pelaku agribisnis.


Umumnya belut sawah hidup di daerah persawahan dan parit-parit sawah. Belut sawah hidup di daerah lumpur atau tanah becek sampai kedalaman berkisar 10 cm dengan cara menggali lubang seperti terowongan berliku dengan pola sarang menyerupai huruf U.


Belut sawah menyukai media dingin sebagai tempat tinggalnya. Suhu optimal berkisar antara 21—27oC. Apabila mengalami kenaikan temperatur air maka belut sawah akan meninggalkan tempat tersebut. Belut sawah mampu hidup di perairan dengan kandungan oksigen terlarut rendah. Selain bernapas menggunakan insang, ternyata belut sawah juga punya alat pernapasan tambahan, yaitu berupa lipatan-lipatan kulit tipis dalam rongga mulutnya.


Panen belut sawah dilakukan dengan mengambil lumpur media. Pengambilan lumpur membuat belut sawah merasa terancam dan membuat mereka segera menyingkir ke tempat lain yang lebih aman. Setelah lumpur habis maka belut sawah tinggal diambil untuk dipindahkan ke wadah penampungan.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: