Selain Bikin Daging Empuk, Ini Dia 7 Khasiat Daun Pepaya

TrubusLife
| Followers 0
01 Sep 2017   18:30

Komentar
Selain Bikin Daging Empuk, Ini Dia 7 Khasiat Daun Pepaya

Daun pepaya bermanfaat atasi kesehatan dan kecantikan. (Foto: Mare Maia)

Trubus.id -- Trubus Mania, kalian pasti tahu daun pepaya kan? Di Hari Raya Idul Adha ini, kaum ibu sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengempukkan daging.

Tapi, apakah kalian tahu khasiat lain dari daun pepaya yang rasanya pahit ini? Mengutip dari berbagai sumber, ini dia 7 manfaat daun pepaya untuk kesehatan sekaligus kecantikan.

1. Penambah Nafsu Makan

Tumbuk dan haluskan beberapa lembar daun pepaya segar, campurkan dengan air hangat dan sedikit garam, saring, dan ambil airnya. Berikan kepada buah hati yang susah makan, 2 hingga 3 hari sekali dengan ukuran 1/4 gelas.

2. Meredakan Demam Berdarah

Memiliki enzim papain yang dapat meningkatkan trombosit darah ketika seseorang mengidap demam berdarah. Rebus 5 lembar daun pepaya dan campur dengan temulawak, gula merah. Minum airnya, lakukan sehari dua kali.

(Foto: The Healthy Archive).

3. Menghilangkan Jerawat di Wajah

Jemur dua lembar daun pepaya yang agak tua, tumbuk hingga halus. Campurkan dengan sedikit air hangat, oleskan pada wajah yang berjerawat. Diamkan selama 20 menit, kemudian bersihkan wajah dengan air hangat. Cara alami ini jauh lebih baik ketimbang kalian memakai produk kimia.

4. Meredakan Nyeri Haid

Daun pepaya dapat dijadikan ramuan alami bagi perempuan yang mengalami nyeri saat menstruasi. Caranya, rebus asam jawa, garam, dan satu lembar daun pepaya mentah. Minum air rebusan 2 kali sehari, pagi dan sore.

(Foto: Body and Beans).

5. Cegah Kanker

Jurnal terbitan Ethnopharmacology menunjukan bahwa jus daun pepaya mengandung enzim yang bersifat melawan kanker. Sebuah studi di Jepang juga membuktikan bahwa sel kanker dapat mati ketika jika seseorang rutin meminum ramuan daun pepaya setiap hari.

6. Merawat Rambut

Agar rambut Trubus Mania lebih berkilau, blender beberapa helai daun pepaya yang sudah dicampur madu atau minyak kelapa. Oleskan ramuan tersebut di kepala, diamkan selama 30 menit dan bersihkan dengan air dingin.

(Foto: Good Price).

7. Cegah Penuaan Dini

Kulit keriput atau wajah terlihat lebih tua merupakan masalah kaum perempuan. Well, kalian bisa mencegah penuaan dini dengan masker pepaya. Caranya, haluskan beberapa helai daun pepaya dan campurkan dengan susu bubuk. Aduk hingga rata, aplikasikan di wajah selama 10 menit sebelum membersihkannya dengan air hangat.

Nah Trubus Mania, sekarang kalian jadi semakin tahu manfaat daun pepaya. Jadi, tunggu apalagi? Jangan lupa dicoba, ya! [IM/DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Lagi Diet Keto, Jangan Lakukan 4 Hal Ini

Diah Fauziah   Health & Beauty
Bagikan: