5 Makanan Penetralisir Hidangan Selama Lebaran

TrubusLife
Thomas Aquinus
16 Juni 2018   10:00 WIB

Komentar
5 Makanan Penetralisir Hidangan Selama Lebaran

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Opor ayam, rendang daging, dan sate kerap tersaji sebagai hidangan utama silaturahmi keluarga saat Lebaran. Tapi ingat, risiko mengonsumsi santan dan proten hewani berlebihan bisa berdampak pada derita darah tinggi lho.

Nah, ini dia sederet makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi sebagai penetralisir serangan hipertensi tiba-tiba saat Lebaran tiba. 

1. Sayuran hijau

Saat mengonsumsi daging dan makanan bersantan, sebaiknya dibarengi dengan banyak sayuran hijau. Kandungan kalium dalam sayuran hijau dapat membantu ginjal menyingkirkan lebih banyak sodium melalui urine. Ini akan memberikan efek menurunkan tekanan darah Anda.

Sayuran hijau yang tinggi kalium seperti, selada, kubis atau kol, lobak hijau, sejenis sawi, dan bayam. Trubus Mania juga dapat memadukan jenis sayuran tersebut dengan pisang dan susu kacang untuk membuat jus hijau sehat dan manis.

2. Serba Berry

Varian buah berry, terutama blueberry, kaya akan senyawa alami yang disebut flavonoid. Sebuah studi mengungkapkan bahwa senyawa ini dapat mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah.

Baik blueberry, raspberry, dan strawberry Trubus Mania bisa ditambahkan ke dalam menu diet. Caranya gampang, yaitu dengan mencampurkannya ke dalam sereal atau granola di pagi hari. Ataupun menyimpan buah beri beku untuk pencuci mulut yang cepat dan sehat.

3. Susu skim dan yogurt

Susu skim adalah sumber kalsium yang rendah lemak. Ini adalah elemen penting ketika tengah menjalani diet untuk menurunkan tekanan darah. Trubus Mania dapat memilih yogurt jika tidak suka susu.

Penelitian American Heart Association mengungkapkan, wanita yang mengonsumsi lima atau lebih yogurt dalam seminggu mengalami pengurangan 20% risiko untuk mengembangkan tekanan darah tinggi.

Nah, Trubus Mania bisa coba padukan granola, almond, dan buah-buahan ke dalam yoghurt untuk manfaat ekstra, yakni jantung sehat. Saat membeli yogurt, pastikan Trubus Mania memeriksa gula tambahan di dalamnya. Semakin rendah kuantitas gula per porsi, semakin baik yogurt tersebut.

4. Oatmeal

Oatmeal selalu dipercaya sebagai sumber sarapan terbaik berserat tinggi, rendah lemak, dan rendah sodium untuk menurunkan tekanan darah.

Oatmeal yang didiamkan semalaman adalah pilihan sarapan yang paling populer. Trubus Mania dapat membuatnya dengan merendam 1/2 cangkir oat dan 1/2 cangkir susu kacang ke dalam stoples. Di pagi hari, aduk dan tambahkan buah beri, granola, dan kayu manis secukupnya.

5. Pisang

Nah yang terakhir adalah makan makanan yang kaya potasium seperti pisang dinilai lebih baik daripada mengonsumsi suplemen tambahan. Prosesnya pun simpel. Cukup tambahkan irisan pisang ke dalam sereal atau oatmeal yang kaya kalium. Trubus Mania juga dapat mengonsumsi satu buah pisang bersama dengan telur rebus untuk sarapan cepat atau makanan ringan. [NN]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Perubahan Iklim Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak Seluruh Dunia

Health & Beauty   19 Nov 2019 - 07:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan: