Dua Minggu Puasa, Ini Tips Jaga Kesehatan Supaya Tetap Prima

TrubusLife
Ayu Setyowati
02 Juni 2018   14:00 WIB

Komentar
Dua Minggu Puasa, Ini Tips Jaga Kesehatan Supaya Tetap Prima

Hindari gorengan dan garam selama puasa. (Foto: Weight Loss Expert )

Trubus.id -- Bulan Ramadan sudah berlalu lebih dari dua pekan ya, Trubus Mania. Meski tubuh sudah beradaptasi dengan pola makan dan pola tidur, kita tidak boleh lengah menjaga kesehatan.

Agar tubuh tetap bugar selama berpuasa, apalagi kalian yang sebentar lagi akan melakukan perjalanan jauh untuk mudik, inilah tips menjaga kesehatan.

1. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Minum air dalam jumlah yang cukup di malam hari sangat penting selama bulan Ramadan, apalagi bagi mereka yang harus melaluinya dalam cuaca panas. Yasmin Badiani, seorang fisioterapis, merekomendasikan mereka yang berpuasa agar minum setidaknya delapan gelas air di antara berbuka dan sahur.

"Hindari minuman berkafein karena memiliki sifat diuretik dan meningkatkan kehilangan air melalui urine," paparnya. 

2. Hindari Gorengan 

Ketika berpuasa, kita seringkali tergoda untuk menikmati makanan cepat saji saat berbuka. Namun, mengonsumsi makanan yang kurang bergizi seperti gorengan dapat menyebabkan perut kembung dan kelelahan keesokan harinya.

"Makanan yang digoreng adalah salah satu alasan utama mengapa orang merasa lesu dan kembung setelah berpuasa karena perut sangat sensitif terhadap makanan berlemak," kata Badiani.

Baca Lainnya: Jangan Menyerah, Ini Tips Agar Olahraga Membuahkan Hasil

Menghindari gorengan mungkin sulit, tapi kita bisa menyiasatinya dengan makan sedikit mungkin gorengan dan memperbanyak lauk pauk yang direbus atau kukus. Tambahkan juga sayur dan buah lebih banyak saat berbuka dan sahur.

3. Hati-hati dengan Garam 

Mengonsumsi terlalu banyak garam ketika berbuka puasa dapat menimbulkan konsekuensi merugikan di hari berikutnya. Asupan garam yang tinggi cenderung meningkatkan rasa haus di siang hari saat kita tidak bisa makan dan minum.

4. Lakukan Olahraga Ringan 

Meskipun tidak disarankan untuk melakukan olahraga yang berat saat berpuasa, bukan berarti jadi diam, santai dan bermalasan saja loh. Bagaimanapun caranya, kita harus mempertahankan gaya hidup aktif sebisa mungkin.

Baca Lainnya: Pria yang Rutin Olahraga Bisa Bikin Anak Cerdas?

Jadi, jangan malas untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan, peregangan tubuh penuh, yoga serta latihan meditasi. Bentuk olahraga seperti itu sangat dianjurkan karena dapat membantu menjaga sistem dalam tubuh dan sirkulasi darah tetap berfungsi. 

5. Praktikkan Kebiasaan Sehat 

Ramadan bisa menjadi kesempatan besar untuk berlatih menahan diri dan menerapkan kebiasaan sehat.

"Ramadan bukan hanya tentang puasa, melainkan pengendalian diri dan meningkatkan kualitas diri,” kata Badiani.

Seseorang bisa memanfaatkan momen Ramadan untuk berkomitmen menjalani hidup lebih sehat, misalnya berhenti merokok.

"Tidak ada waktu yang lebih baik untuk berhenti merokok daripada di bulan Ramadan ketika kita harus melalui hampir sepanjang hari tanpa rokok," tambahnya.[DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Tetap Cantik dan Awet Muda dengan Batang Nyirih

Health & Beauty   23 Sep 2020 - 09:22 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: