Di Pekanbaru, Pohon Kurma Sukses Ditanam di Lahan Gambut

TrubusLife
M. Syukur | Followers 0
28 Mei 2018   19:00

Komentar
Di Pekanbaru, Pohon Kurma Sukses Ditanam di Lahan Gambut

Panen kurma perdana di Masjid Darul Muttaqin, Kota Pekanbaru, Riau. (Foto: Trubus.id/ M. Syukur)

Trubus.id -- Di Pekanbaru, pohon kurma tumbuh dengan subur di lahan gambut. Itu dibuktikan oleh pengurus Masjid Darul Muttaqin, Kota Pekanbaru, Riau, yang sukses panen perdana kurma beberapa waktu lalu.

"Beberapa waktu lalu, kami berhasil panen perdana kurma. Sekaligus mematahkan anggapan kalau pohon kurma yang ditanam di sini tidak dapat menghasilkan buah," kata Ustad Mustafa Umar, pengurus Masjid Darul Muttaqin ketika dihubungi Trubus.id, Senin (28/5).

Mustafa menjelaskan, pohon kurma tersebut ditanam tanam beberapa tahun lalu. Ketika menanam, banyak orang yang bertanya apakah mungkin, tanaman dari Timur Tengah itu bisa tumbuh subur dan berbuah. Itu karena, selana ini, belum ada yang berhasil menanam kurma di Riau. Ada delapan pohon kurma yang ditanam, di mana semua pohon tersebut mendapatkan perawatan dari tim ahli.

"Pengurus masjid secara khusus pernah mendatangkan salah seorang ahli tanaman dari Thailand. Untuk mengetahui bagaimana pohon kurma yang ditanam bisa berbuah," terangnya.

Ia bersyukur kerja kerasnya membuah hasil.

"Alhamdulillah, berbuah. Di setiap tandannya, ada banyak buah. Semua ini bukan karena kebetulan, tapi benar-benar merupakan hasil jerih payah," tuturnya.

Dengan dipanennya buah kurma ini, Mustafa optimis jika ke depannya, masyarakat dan pemerintah Riau bisa mengubah lahan gambut yang semula ditanami sawit menjadi kurma.

"Ini sebagai isyarat bagaimana Allah menghendaki. Suatu saat nanti, boleh jadi di Riau ini ada ladang kurma yang memberikan kontribusi untuk negeri ini. Satu batang kurma nilainya sama dengan 100 batang sawit. Bahkan, boleh jadi Riau pengekspor kurma," jelasnya. [DF]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: