Indahnya Rafflesia Kemumu, Mekar Sempurna di Hutan Bengkulu

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
28 Mei 2018   12:16

Komentar
Indahnya Rafflesia Kemumu, Mekar Sempurna di Hutan Bengkulu

Bunga rafflesia kemumu (Foto: Istimewa)

Trubus.id --Satu lagi bunga langka jenis rafflesia kemumu ditemukan telah mekar sempurna di kawasan hutan Desa Tebing Kaning, Kabupaten Bengkulu Utara. Kawasan ini berbatasan langsung dengan Hutan Lindung Boven Lais.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara Riki Rahmansyah yang mengatakan penemuan bunga rafflesia kemumu diperkirakan telah mekar sempurna sejak satu hari lalu.

“Rafflesia kemumu, spesies bunga Rafflesia ini baru diidentifikasi tahun 2017 oleh dosen kehutanan Universitas Bengkulu, Agus Susatya,” kata Riki di Bengkulu, Senin (28/5)

Baca Lainnya: Begini Cara Bengkulu Memajukan Kopi Lokal

Menurutnya secara fisik jenis bunga rafflesia kemumu meski serupa tapi berbeda dengan jenis rafflesia arnoldi ataupun Rafflesia gadutensis jika diamati lebih rinci.

"Kalau kita amati dari ukuran rafflesia kemumu hampir menyerupai R. gadutensis di mana diameternya lebih kecil dibanding Rafflesia arnoldii," sambungnya.

Meski begitu menurut Riki warna bunga Rafflesia kemumu lebih jingga dan cerah dibanding Rafflesia gadutensis dan rafflesia arnoldii. Keunikan bunga langka tersebut diperkirakan masih dapat dinikmati hingga tiga hari ke depan.

Baca Lainnya: Pokdarwis Bengkulu Temukan 13 Bunga Rafflesia Langka Siap Mekar

“Selain Rafflesia kemumu, kawasan hutan di Bengkulu Utara juga merupakan tempat hidup rafflesia arnoldii, Rarafflesia bengkuluensis, rafflesia gadutensis dan rafflesia hasselti,” paparnya.

Sementara itu dikatakan Riki, kawasan Hutan Lindung Boven Lais yang berada di Bengkulu Utara, menurut Riki, memiliki tiga jenis rafflesia berdasarkan pemetaan komunitas yakni rafflesia arnoldii, rafflesia kemumu dan rafflesia gadutensis.

"Ketiga jenis bunga rafflesia ini memiliki keunikan tersendiri tapi sama-sama menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal ataupun mancanegara yang ingin berkunjung ke kawasan hutan di Bengkulu Utara,” tutupnya. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: