Usai Keracunan Massal, Warga Bogor Dilarang Makan Tutut

TrubusLife
Astri Sofyanti
27 Mei 2018   22:00 WIB

Komentar
Usai Keracunan Massal, Warga Bogor Dilarang Makan Tutut

Tutut (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Pemerintah Kota Bogor menetapkan kasus keracunan makanan yang dialami warga Bogor Utara usai menyantai tutut sebagai kejadian luar biasa (KLB). Sebanyak 85 warga menjadi korban keracunan massal langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Karena telah menetapkan KLB, pemerintah setempat melarang warga Bogor untuk tidak mengonsumsi tutut sementara waktu.

“Ya, benar kami melarang warga Bogor mengonsumsi tutut dulu agar hal serupa tidak terulang lagi. Setelah kami selidiki, keracunan berasal dari tutut yang dibeli dari sumber yang sama," jelas Kepala Puskesmas Bogor Utara, dr Oki Kurniawan, kepada wartawan di Bogor, Minggu (27/5).

Baca Lainnya: Inilah Keong Sawah Beracun yang Boleh Dikonsumsi, Tertarik Mencoba?

Imbauan ini telah disampaikan kepada seluruh petugas kesehatan dan kader di Puskesmas Bogor Utara untuk disosialisasikan kepada masyarakat di wilayah Tanah Baru dan sekitarnya.

"Semua yang menderita mual, muntah, diare setelah makan tutut, bahkan hanya dengan mencicipi kuahnya saja bisa ikut diare," tambahnya.

Bahkan menurut informasi, hari ini jumlah pasien keracunan bertambah jadi 86 orang. Mereka yang keracunan adalah warga dalam satu RW dari tiga RT berbeda yakni RW 07, RT 01, RT 02 dan RT 05.

Penyebab pasti keracunan yang dialami 86 warga di Kampung Sawah, Kelurahan Tanah Baru sedang dianalisis di Laboratorium Labkesda Kota Bogor dan Labkesda Provinsi Jawa Barat.

Petugas kepolisian juga telah mengamankan tutut dari rumah bu Yayah warga RT 04/RW 07, pembuat masakan tutut tersebut. Tutut yang tersimpan di rumahnya hampir mencapai satu karung.

Menurut Oki kejadian keracuna bisa terjadi akibat tutut diolah tidak secara higienis, atau sumber air yang digunakan untuk memasak kurang bagus sehingga menyebabkan keracunan.

"Semua masih ditelusuri, sampel sudah diambil, sisa tutut yang ada, memeriksa air sumur, serta bumbu masakannya," tambahnya.

Menurut warga Bogor, tutut menjadi salah satu hidangan yang paling diminati setiap bulan Ramadan.[KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebakaran Hutan Australia Hancurkan Habitat Spesies Terancam Punah

Plant & Nature   21 Jan 2020 - 18:30 WIB
Bagikan:          

Kandungan di Minuman Bersoda Ternyata Bisa Membuat Kita Kecanduan

Health & Beauty   21 Jan 2020 - 17:08 WIB
Bagikan:          
Bagikan: