Apa Iya Gurita Pintar?

TrubusLife
| Followers 0
22 Agu 2017   15:00

Komentar
Apa Iya Gurita Pintar?

Dibanding manusia, gurita lebih banyak memiliki neuron (Foto: Pixabay/ sharonang)

Trubus.id -- Pada tahun 2014, salah satu gurita milik Roy Caldwell hilang. Gurita karang, Abdopus aceleatus yang ia dan tim-nya kumpulkan dari Pulau Lizard di Australia di tank terpisah. Caldwell sendiri merupakan profesor biologi integratif di University of California, Barkeley.

Bingung, Caldwell mengintip ke dalam tangki gurita betina dan menemukan spermatophores, kapsul yang mengandung sperma gurita, mengambang di air. Ketika melihat lebih dekat, ia menemukan gurita jantan ada di sana.

Lantas, bagaimana caranya gurita jantan masuk ke dalam tangki gurita betina? “Satu-satunya ialah masuk melalui pipa yang digunakan untuk menyalurkan air ke dalam tangki kedua gurita,” kata Caldwell ke Live Science.

Apa yang dilakukan gurita jantan milik Caldwell bukan hal aneh, mengingat ada banyak neuron dalam gurita. Bagi Caldwell, kuantitas neuron bukanlah indikator kecerdasan, yang ia definisikan sebagai fleksibilitas, atau kemampuan untuk mengubah perilaku dari pengalaman masa lalu.

Dia mencurigai ada banyak neuron gurita digunakan untuk gerakan dan untuk mengendalikan penampilan kulitnya. Tidak seperti manusia yang dibatasi pergerakan sendi, neuron gurita lunak sehingga tidak memiliki keterbatasan. Dengan demikian, untuk menggerakkan tubuh dan delapan tangannya, gurita membutuhkan lebih banyak neuron.

Untuk menggerakkan tubuh dan delapan tangannya, gurita membutuhkan lebih banyak neuron (Foto: Pixabay/ MartinStr).

Menurut Jennifer Mather, profesor di Departemen Psikologi Universitas Lethbridge di Alberta, Kanada, ada kemungkinan gurita menggunakan neuron untuk perencanaan. Sejak tahun 1980-an, Mather telah mempelajari gurita. “Saya mendefiniskan mereka karena binatang tersebut menggunakan informasi dari lingkungan untuk mengubah perilaku dan membuat keputusan”.

Itu berdasarkan pengamatan Mather terhadap Gurita kelapa, Amphioctopus marginatus, yang dikenal dengan kemampuannya membawa kelapa dan membuka tempurung kelapa sebelum menjepit kedua sisi di sekitar mereka.

Kecerdasan seekor hewan bergantung pada ciri kepribadian jenis hewan tertentu. Hewan dari spesies yang sama, seperti gurita, dapat bervariasi secara drastis dalam hal keberanian dan agresi. Apakah ini menjadi indikator kecerdasan gurita? “Saya tidak bisa memastikan apakah gurita cukup cerdas atau tidak,” jawab Caldwell. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Perubahan Iklim Sebabkan Laba-laba Makin Agresif

Thomas Aquinus   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan: