Basking Shark, Hiu Raksasa Pemakan Plankton

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
25 Mei 2018   12:00

Komentar
Basking Shark, Hiu Raksasa Pemakan Plankton

ikan hiu raksasa (FOTO: National Geographic Channel )

Trubus.id -- Pada pandangan pertama, basking shark alias hiu penjemur terlihat sedikit menakutkan. Tidak hanya bertubuh besar, mereka juga memiliki mulut besar dan menganga yang terlihat seolah-olah dapat melahap apa saja.

Tetapi penampilan mengerikan hiu penjemur itu tak sepenuhnya benar,  pada kenyataannya, mereka adalah raksasa dunia samudera yang lembut.

Basking shark memiliki mulut besar untuk alasan yang baik - mereka menggunakannya untuk menyaring plankton dari air, yang merupakan makanannya. Mereka juga mendapatkan bantuan dari gigi kecil seperti kait yang melapisi mulutnya. 

“Ketika mereka sedang makan, mereka hanya berenang dengan mulut terbuka,” Leah Crowe, seorang ahli biologi lapangan yang bekerja untuk National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), mengatakan kepada The Dodo. “Mereka memiliki variasi pada gigi - bukan seperti yang kita pikirkan ada pada hiu lain, gigi putih besar misalnya. Mereka hanya menyaring plankton dari air. 
Baca lainnya: Berani Berenang dengan Hiu Tanpa Pengaman, Travaler Harus Datang ke Tempat Ini

Basking shark  adalah spesies ikan terbesar kedua di dunia, dan proporsinya telah dibandingkan dengan bus tingkat. Mereka bisa tumbuh hingga 40 kaki panjang dan berat 21 ton. Hiu jemur betina lebih besar dari jantan, Crowe menjelaskan.

Kebanyakan jenis hiu hidup sendiri, namun orang-orang telah melihat sekelompok besar hiu berjemur berenang bersama. Crowe, yang menulis makalah tentang masalah ini, menjelaskan bahwa sebanyak 1.400 basking shark telah terlihat dalam satu kelompok.

Basking shark juga memiliki sirip punggung yang terlihat sangat mirip dengan sirip punggung pada hiu putih besar - dan ini dapat menyebabkan kepanikan bagi siapa pun yang mengamati hiu berjemur dari permukaan air.

"Beberapa orang merasa sangat terintimidasi ketika mereka melihat sirip punggung memecah permukaan," kata Crowe.

Namun, Crowe menekankan bahwa tidak ada alasan untuk takut pada basking shark, yang tidak menimbulkan ancaman bagi orang-orang. Bahkan, dia menjelaskan bahwa basking shark mungkin lebih takut pada kita.

Baca Lainnya: Hiu Paus Kembali Singgah di Perairan Botubarani

"Mereka bisa ketakutan dengan mudah dan menghilang dari pandangan," kata Crowe. “Mereka ikan, jadi mereka tidak harus bernapas di permukaan.”

Basking shark hidup di lautan selama sekitar 30 juta tahun, populasi mereka menurun karena industri perikanan global - kadang-kadang mereka diburu untuk daging, minyak, kulit atau sirip mereka; kali lain mereka secara tidak sengaja terjebak dalam jaring ikan sebagai bycatch.

Di masa lalu, pemerintah Kanada bahkan sengaja membantai basking shark, mempercayai mereka sebagai "hama" yang merusak peralatan memancing.

Tetapi akan sangat memalukan jika kehilangan hewan misterius ini, dan Crowe mengatakan bahwa masih banyak yang harus dipelajari tentang mereka. [KW]


"Mereka hewan keren," kata Crowe. "Banyak orang bahkan tidak tahu bahwa mereka ada di luar sana."

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: