Waspada, Produk Kopi Pelangsing di Instagram Jadi Modus Penipuan

TrubusLife
Ayu Setyowati
23 Mei 2018   16:00 WIB

Komentar
Waspada, Produk Kopi Pelangsing di Instagram Jadi Modus Penipuan

Ilustrasi. (Foto: new york cant wait)

Trubus.id -- Instagram saat ini bagaikan pusat promosi untuk membuat sebuah produk menjadi viral. Mulai dari makanan, produk kecantikan hingga produk kesehatan seperti obat pelangsing.

Namun sayang, tren produk kesehatan di Instagram nampaknya sudah mulai beralih ke penipuan marketing. Produk vitamin gummy bears atau teh, yang dikatakan dapat menurunkan berat badan dalam waktu seminggu, sepertinya hanya tipuan belaka.

Dilansir New York Post, tren produk kopi yang bisa menurunkan berat badan ini sedang viral di Instagram. Produk ini menjadi viral setelah selebgram, influencer, atau selebriti dibayar untuk mempromosikannya di akun Instagram mereka.

Baca Lainnya: 6 Tips Membuat Kopi Jadi Lebih Sehat

Menurut ahli gizi Josh Reed, penting untuk mengerti efek samping dari suplemen atau produk kesehatan yang kita konsumsi. Campuran raspberry ketones yang sering digunakan dalam produk diet, sebenarnya hanya pernah diuji coba untuk hewan seperti tikus.

"Penurunan berat badan yang dijanjikan oleh produk kopi ini, hanya bisa diraih jika diimbangi dengan gaya hidup sehat. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan dalam penurunan berat badan, ketika mengonsumsi produk-produk ini," jelas Josh.

Sebaliknya, bahan-bahan yang terdapat dalam kopi ini justru dapat menyebabkan efek samping yang merugikan untuk tubuh. Seperti gangguan pencernaan, rasa cemas berlebih, iritasi, kurang tidur, hingga potensi kerusakan hati. Ahli diet Stefanie Valakas mengatakan jika produk ini umumnya memiliki kandungan zat untuk menekan nafsu makan. Akibatnya, indera rasa lapar di tubuh akan terganggu.

Baca Lainnya: Ganti Kopi dengan Teh Hijau, Dapatkan 4 Manfaat Sehat Ini

"Penelitian menunjukkan bahwa makan secara perlahan dapat menimbulkan rasa kenyang, dan mengurangi rasa lapar lebih lama. Mengatur rasa lapar dan rasa kenyang, dapat menjadi strategi efektif untuk membantu mengelola berat badan," tutur Stefanie.

Meski tidak sehat, beragam produk diet di Instagram memiliki cara marketing yang pintar. Tidak heran jika banyak pengguna Instagram yang menyampingkan efek samping dari produk tersebut dan tetap membelinya.

"Jika Anda ingin menurunkan atau menjaga berat badan, paling baik untuk memulai perubahan kecil, dan menciptakan pola hidup sehat," lanjut Valakas.

Baca Lainnya: Kopi dan Teh Untuk Memperlancar BAB, Benarkah Efektif?

Sementara itu, Josh menyarankan untuk tetap mengonsumsi kopi biasa saja.

"Jika Anda seorang peminum kopi, lebih baik menikmati secangkir kopi biasa karena bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Namun, kafein bukan cara efektif untuk menurunkan berat badan." pungkas Valakas.

Nah, Trubus Mania, meski ngefans dan percaya banget dengan rekomendasi influencer atau selebgram favoritmu, kamu harus tetap berhati-hati dan melakukan riset mendalam soal kandungan yang terdapat dalam produk yang direkomendasikan, ya. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: