Pria yang Rutin Olahraga Bisa Bikin Anak Cerdas?

TrubusLife
Ayu Setyowati
20 Mei 2018   14:00 WIB

Komentar
Pria yang Rutin Olahraga Bisa Bikin Anak Cerdas?

Semakin rutin pria berolahraga, semakin sehat sperma yang dihasilkannya (Foto: New Level Sport)

Trubus.id -- Manfaat olahraga untuk kesehatan, baik tubuh maupun otak, sudah tak diragukan lagi. Penelitian menunjukkan, orang yang doyan olahraga memiliki daya ingat lebih baik, pengambilan keputusan lebih rasional, dan berisiko rendah mengalami pikun dan demensia.

Di sisi lain, olahraga rutin juga membuat pria memproduksi sel-sel sperma yang lebih sehat. Pertanyaan besar pun muncul, apakah pria yang rutin berolahraga bisa menurunkan kecerdasannya kepada anaknya?

Untuk mencari jawabannya, para peneliti dari German Center for Neurodegenerative Diseases di Gottingen, Jerman, melakukan penelitian dengan menggunakan tikus putih kecil alias mencit. Hasil penelitian ini lalu dipublikasikan di jurnal Cell Reports.

Baca Lainnya: 7 Cara Cegah Demensia Sejak Dini

Para mencit ditempatkan di kandang yang berisikan banyak permainan aktivitas fisik. Setelah 10 minggu, ditemukan adanya peningkatan pada otak mencit, terutama di bagian koneksi neuron dan kemampuan kognitif.

Pada tahap kedua, para mencit diberikan pasangan dan menghasilkan keturunan. Hasil pemindaian menunjukkan jika mencit generasi kedua yang lahir dari orangtua aktif memiliki sinyal neuron lebih baik di bagian hippocampus.

Mereka juga belajar lebih cepat dan mampu mengingat lebih baik daripada mencit lainnya yang lahir dari kelompok kontrol. Atas dasar ini, peneliti menyebut kemungkinan yang sama juga bisa terjadi pada manusia.

Baca Lainnya: Ayo Makan Tepat Waktu, untuk Mencegah Demensia

Andre Fischer, peneliti utama dari German Center for Neurodegenerative Diseases menyebut komponen microRNA pada sperma mencit yang aktif lebih banyak daripada kelompok kontrol. MicroRNA inilah yang disebut sebagai cikal DNA yang diturunkan dari orang tua.

"Olahraga sangat penting, tidak hanya bagi kesehatan fisik, namun juga stimulasi untuk otak dan mental. Dengan begitu, kemampuan genetik yang baik dari orang tua bisa diturunkan ke anak," ujarnya, dikutip dari NY Times. [DF]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Kucing Pertama yang Terinfeksi Virus Corona Ditemukan di Belgia

Pet & Animal   28 Mar 2020 - 22:49 WIB
Bagikan:          
Bagikan: