Penuh Bakteri, Jangan Pakai Handuk Toilet Umum untuk Lap Tangan

TrubusLife
Ayu Setyowati
18 Mei 2018   18:15 WIB

Komentar
Penuh Bakteri, Jangan Pakai Handuk Toilet Umum untuk Lap Tangan

Handuk basah menjadi lingkungan sempurna bagi bakteri untuk berkembang. (Foto: The Spruce)

Trubus.id -- Kuman lebih suka bersarang pada tangan yang lembap. Jadi, ketika menyentuh sesuatu yang kotor atau dirasa kurang bersih pada saat keluar kamar mandi, kemungkinan besar kuman masih menempel di tangan.

Masalahnya, tak ada tisu maupun pengering tangan di kamar mandi. Dr. Lisa Ackerley, ahli kesehatan lingkungan menyarankan jika mengalami hal seperti ini, sebaiknya tidak menggunakan handuk basah yang ada di situ.

"Saya tak berani membayangkan bakteri apa yang ada di handuk kamar mandi umum yang digunakan bersama," katanya, dikutip dari Daily Mail.

Baca Lainnya: Ahli: Sering Cuci Tangan Dapat Kurangi Risiko Kanker Serviks

Handuk basah menjadi lingkungan sempurna bagi bakteri untuk berkembang. Kamar mandi yang lembap, sangat disukai bakteri. Bahkan, sel kulit mati menjadi makanan favorit bakteri.

Karena itu menurut dr. Ackerley, tidak mengapa jika seseorang mengelap tangan di celana. Alasannya, celana yang kering lebih baik dan memiliki lebih sedikit risiko paparan kuman daripada handuk basah.

Baca Lainnya: Mengenal Obsessive Compulsive Disorder

Tapi, tidak hanya handuk tangan yang ada di kamar mandi umum yang perlu diwaspadai. Sebuah studi 2013 dari University of Arizona menemukan bakteri E.coli ada di lebih dari seperempat handuk rumah tangga yang mereka uji.

"Perlindungan terbaik adalah cuci handuk tangan secara teratur. Sebaiknya, jangan menggunakan handuk untuk bersama," ujarnya. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebakaran Hutan Australia Hancurkan Habitat Spesies Terancam Punah

Plant & Nature   21 Jan 2020 - 18:30 WIB
Bagikan:          

Kandungan di Minuman Bersoda Ternyata Bisa Membuat Kita Kecanduan

Health & Beauty   21 Jan 2020 - 17:08 WIB
Bagikan:          
Bagikan: