Sering Bad Mood, Hindari 7Jenis Makanan Ini

TrubusLife
Ayu Setyowati
17 Mei 2018   17:30 WIB

Komentar
Sering Bad Mood, Hindari 7Jenis Makanan Ini

Ilustrasi makanan yang bisa menyebabkan bad mood. (Foto: Video Blocks)

Trubus.id -- Punya teman yang sering bad mood? Atau kamu sendiri mengalaminya? Ternyata, suasana hati yang buruk bisa dipengaruhi oleh makanan, loh. Beberapa makanan, secara ilmiah, memang terbukti bisa bikin bad mood loh, Trubus Mania.

Dilansir dari This Is Insider, Rachel Kelly, seorang ahli kesehatan mental sekaligus penulis buku The Happiness Diet mencari tahu apa saja makanan yang membuat mood menjadi buruk. Setidaknya, ada 7 jenis makanan yang harus dihindari jika tak ingin suasana hati jadi kacau.

1. Minuman Soda Diet

Pemanis buatan dalam minuman soda diet mengandung asam amino fenilalanin. Dalam beberapa penelitian ilmiah, seperti National Institutes of Health, fenilalanin terbukti menghambat produksi serotonin, enzim yang berpengaruh pada suasana hati.

2. Sereal

Makanan ini banyak diandalkan sebagai menu sarapan yang digadang-gadang bisa memberikan energi. Tapi alih-alih energi, sereal justru mengandung gula tinggi yang cepat turun dalam gula darah. Ketika kadar gula darah turun di bawah normal, hormon stres dilepaskan dan dapat mengubah suasana hati.

3. Makanan Manis

Selain tinggi gula, makanan manis juga mengandung pewarna buatan. Inilah yang sering dikaitkan pada berkurangnya sensitivitas seseorang. Makanan manis juga bisa membuat anak-anak lebih hiperaktif.

4. Fast Food

Asam lemak dalam makanan cepat saji sering dikaitkan pada efek depresi. Terutama kentang goreng yang banyak mengandung lemak trans, mengganggu keseimbangan omega-3 dalam tubuh. Penelitian dari University of Pittsburgh Medical Center menunjukkan bahwa rendahnya tingkat asam lemak dikaitkan dengan pesimisme, depresi, dan emosi.

5. Margarin dan Mentega

Pada dasarnya, lemak trans pada margarin dan mentega adalah lemak murni. Hanya saja kandungannya bisa memangaruhi suasana hati seseorang.

6. Camilan Gurih

Camilan gurih seperti keripik kentang, mengandung MSG dalam kadar berlebih, bisa membuat sakit kepala. Sekantung keripik kentang mengandung MSG dalam kadar banyak dan juga perasa makanan, bisa memicu sakit kepala hingga kemudian tubuh menjadi lemah dan merasa lelah. Enggak mengira kan?

7. Makanan Kalengan

Kacang dan makanan yang dikemas dalam kaleng, bukan hanya mengandung MSG saja, tapi juga garam yang tinggi. Beberapa penelitian seperti dari Yale School of Medicine menunjukkan bahwa kandungan sodium berlebihan akan mengganggu area otak yang mengatur soal memori. [DF]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Tetap Cantik dan Awet Muda dengan Batang Nyirih

Health & Beauty   23 Sep 2020 - 09:22 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: