Jauhi Konsumsi Gorengan dan Kafein Saat Sahur, Ini Jawaban Ahli

TrubusLife
Astri Sofyanti
16 Mei 2018   14:30 WIB

Komentar
Jauhi Konsumsi Gorengan dan Kafein Saat Sahur, Ini Jawaban Ahli

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Esok hari seluruh umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa pertama. Memasuki bulan puasa terkadang masyarakat tidak memperdulikan asupan yang mereka konsumsi seperti gorengan. 

Padahal menurut ahli gizi, mengonsumsi gorengan dan kafein saat sahur bisa meningkatkan produksi asam lambung, hal ini pasti akan menggangu puasa kamu seharian sampai azan Magrib.

“Sebaiknya saat sahur hindari asupan gorengan karena makanan ini mengandung minyak yang dapat memperlambat pengosongan lambung, akibatnya asam lambung seseorang akan naik,” kata ahli gizi dari Rumah Sakit Pelni, dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK, di Jakarta, baru-baru ini.

Baca Lainnya: Jangan Takut Makan Gorengan, Akali dengan Trik Sehat Ini

Untuk itu, Jovita menyarankan kepada masyarakat untuk menghindari makan gorengan saat menjalankan ibadah puasa. Hal ini karena seseorang yang banyak mengonsumsi gorengan saat puasa akan memicu munculnya rasa panas di tenggorokan.

Selain makanan yang digoreng, sebaiknya kamu juga menghindari kafein dan minuman berkarbonasi yang bisa memicu meningkatnya asam lambung.

“Selain gorengan sebaiknya masyarakat mengurangi kafein saat berbuka puasa. Kafein boleh di minum tapi setelah perut terisi, tapi tidak dalam jumlah banyak,” sambungnya.

Lebih lanjut Jovita menyarankan, masyarakat menyantap makanan yang bisa menahan rasa lapar lebih lama atau yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, serta makanan yang mengandung lalu protein dan lemak baik. [NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Hati-Hati, 8 Penyakit Ini Ditandai dengan Keringat Dingin

Health & Beauty   19 Jan 2020 - 17:35 WIB
Bagikan: