Ilmuwan Buktikan Gajah Berkomunikasi dengan Hentakan Kaki

TrubusLife
Astri Sofyanti
09 Mei 2018   13:00 WIB

Komentar
Ilmuwan Buktikan Gajah Berkomunikasi dengan Hentakan Kaki

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Baru-baru ini ilmuwan dari Universitas Oxford melakukan penelitian dengan mempelajari cara gajah berkomunikasi satu sama lain dengan hentakan kaki. Penelitian itu terungkap dalam sebuah penelitian yang digawangi oleh Beth Mortimer dari Universitas Oxford bersama beberapa tim.

Peneliti memanfaatkan teknik seismologi yang dirancang untuk mendeteksi gempa bumi. Sensor kecil bernama geo-phones digunakan untuk menangkap getaran di permukaan tanah ketika gajah menghentakkan kaki-kakinya sebagai cara mereka berkomunikasi.

"Deteksi getaran merupakan hal yang terlupakan dalam studi yang dilakukan untuk hewan, tetapi sangat penting untuk meneliti gajah," jelas Mortimer belum lama ini.

Baca Lainnya: Ditinggal Induk Usai Kena Jerat Pemburu, Anak Gajah Ini Diselamatkan Warga

Penelitian sendiri dilakukan terhadap sejumlah kawanan gajah di Taman Nasional Samburu, Kenya dan dipublikasikan dalam jurnal Current Biology. Jurnal tersebut mengungkapkan jika terdapat cara baru mendeteksi keberadaan gajah dan membedakan perilakunya. 

Getaran seismik yang ditangkap kemudian dibandingkan satu sama lain. Dengan bantuan model komputer, para peneliti menyimpulkan jika getaran dari hentakan kaki gajah biasanya digunakan untuk mengetahui keberadaan kawanan lain.

Baca Lainnya: Kenapa Menaiki Gajah dan Selfie dengan Harimau Tak Boleh Dilakukan di Tempat Wisata?

“Gajah akan mengirimkam tanda bahaya kepada kawanannya dari frekuensi rendah yang bergetar melalui tanah memberi informasi bahaya kepada anggota kawanan yang berada dalam jarak berjauhan.

“Penelitian pun diharapkan semakin membantu melindungi gajah dari perburuan liar,” tutupnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kiprah 3 Srikandi Berkarya Bagi Negeri di Masa Pandemi

Selebrity   07 Agu 2020 - 14:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: