Pariwisata Sumbang Delapan Persen Emisi Gas Rumah Kaca

TrubusLife
Binsar Marulitua
08 Mei 2018   19:15 WIB

Komentar
Pariwisata Sumbang Delapan Persen Emisi Gas Rumah Kaca

Perjalanan internasional yang melibatkan penerbangan jarak jauh, berdampak negatif karena dapat mengancam upaya mengendalikan polusi karbon di Bumi. (Foto: ISHN)

Trubus.id -- Sebuah studi yang dipublikasikan pada Senin (7/5) mengungkap bahwa pariwisata domestik dan internasional turut menyumbang delapan persen dari emisi gas rumah kaca. Hasil statistik tersebut empat kali lipat dari perkiraan sebelumnya.

Jejak karbon industri triliunan dolar tersebut meningkat tajam, sebagian besar didorong permintaan untuk perjalanan udara, lapor para peneliti di jurnal Nature Climate Change.

“Pariwisata diperkirakan akan tumbuh lebih cepat dibandingkan sektor ekonomi lainnya, dengan pendapatan diproyeksikan menguat empat persen setiap tahun sampai 2025," kata kepala peneliti Arunima Malik dari sekolah bisnis The University of Sydney.

Baca Lainnya: Kurangi Emisi, Norwegia akan Gunakan Pesawat Listrik pada 2040

Untuk mengendalikan polusi karbon, sektor pariwisata kemungkinan besar membutuhkan pajak karbon atau skema perdagangan CO2 untuk penerbangan, kata peneliti.

Selama puluhan tahun terakhir, Amerika Serikat menjadi satu-satunya negara penghasil terbesar emisi karbon dari pariwisata. Begitu juga Jerman, Kanada dan Inggris, menjadi negara yang masuk 10 besar penyumbang karbon.

Namun, kelas menengah yang sedang berkembang tingkat ekonominya, Tiongkok menempati posisi kedua. Disusul India, Meksiko, dan Brasil.

Perlu Trubus Mania ketahui, perjalanan internasional yang melibatkan penerbangan jarak jauh, tumbuh dengan sangat cepat. Berdampak negatif karena dapat mengancam upaya mengendalikan polusi karbon di Bumi. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Perubahan Iklim Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak Seluruh Dunia

Health & Beauty   19 Nov 2019 - 07:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan: