Jangan Hanya di Gym, Ini Manfaat Olahraga Outdoor

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
26 April 2018   16:30

Komentar
Jangan Hanya di Gym, Ini Manfaat Olahraga Outdoor

Seseorang bisa membakar lebih banyak kalori hingga 20 persen, ketika olahraga di luar ruangan. (Foto: Magig Mountain Production)

Trubus.id --  Jika Trubus Mania lebih sering pergi ke gym atau berolahraga di dalam ruangan, ada baiknya sesekali menyempatkan olahraga di luar ruangan. Ada beragam manfaat yang tidak akan kamu temukan saat berolahraga di dalam ruangan, seperti mendapatkan manfaat sinar matahari, atau juga sebagai salah satu cara untuk relaksasi.

Manfaat Olahraga di Luar Ruangan

Berikut beberapa manfaat melakukan olahraga di luar ruangan yang tentunya harus Trubus Mania kamu ketahui.

1. Bakar Lebih Banyak Kalori.

Menurut The National Trust, seseorang bisa membakar lebih banyak kalori hingga 20 persen, ketika olahraga di luar ruangan. Alasannya karena tubuh bekerja lebih keras akibat permukaan yang terkadang tidak rata serta pengaruh cuaca.

Baca Lainnya: Malas Olahraga, Coba 5 Trik Ini

2. Bonus Vitamin D

Trubus Mania hanya butuh paparan terik matahari selama 20 selama 30 menit untuk menghasilkan 10 IU Vitamin D yang penting bagi kesehatan, terutama tulang.

3. Mental Lebih Sehat

Studi yang dilakukan di Inggris pada 1.252 orang menunjukkan bahwa, lima menit beraktivitas di alam (seperti bersepeda atau berjalan), dapat menimbulkan efek positif pada kepercayaan diri seseorang.

4. Cukup Berjalan Kaki

Rata-rata, setiap orang akan membakar sekitar 400 kalori jika berjalan 10.000 langkah setiap hari. Agar tubuh tidak kaget, sebaiknya berjalan kaki dilakukan selama 10 hingga 15 menit dalam sehari. Baru setelah itu, secara perlahan ditingkatkan durasinya.

Baca Lainnya: Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Pengidap Diabetes Harus Olahraga Rutin

5. Lebih Banyak Anggota Badan yang Bergerak

Nordic walking (berjalan menggunakan palang seperti palang ski) lebih aman 30 persen bagi persendian. Juuga, membakar kalori 40 persen lebih banyak dibanding jalan biasa. Itu dikarenakan tangan ikut aktif dan membantu pergerakan.

Tips Nyaman Berolahraga di Luar Ruangan

Selain mendapatkan banyak manfaat dengan berolahraga di luar ruangan, kamu juga harus mengantisipasi beberapa kondisi supaya merasa nyaman saat berolahraga di luar ruangan. Begini tipsnya.

Gunakan Baju yang Menyerap Keringat

Pemilihan baju merupakan faktor utama untuk kenyamanan berolahraga di luar ruangan. Apalagi, olahraga di luar ruangan terbilang panas dan lebih banyak menyerap cahaya matahari.

Baca Lainnya: Enggak Harus Pagi, Olahraga di Malam Hari Juga Punya Banyak Manfaat

Maka, kamu bisa menggunakan outfit yang nyaman dari bahan katun agar dapat menyerap keringat. Jangan lupa pakai sepatu yang nyaman ya! Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat karena dapat mengganggu sirkulasi udara di dalam tubuh. Pilih baju yang sedikit longgar agar nyaman untuk bergerak.

Bawa Aksesoris Pendukung

Jangan lupa juga untuk membawa aksesoris pendukung seperti topi yang akan melindungimu jika cuaca terlalu panas supaya tmerasa mudah lelah. Jika kamu berolahraga di musim hujan, siap-siap untuk membawa jaket yang waterproof untuk melindungi dari hujan. Siapkan handuk untuk mengelap keringat, usahakan yang berbahan lembut juga.

Asupan Nutrisi

Sebelum berolahraga di luar ruangan, sebaiknya isi perut dengan makanan yang ringan seperti buah, oatmeal, teh manis dan pisang. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi air putih sebelum dan sesudah berolahraga agar tidak dehidrasi.

Pakai Sunblock

Penting untuk menggunakan sunblock atau sunscreen ketika berolahraga di luar ruangan. Sunblock dapat melindungi kulit dari cahaya matahari. Aplikasikan sunblock 30 menit sebelum memulai berolahraga agar meresap ke dalam kulit. [DF]
 
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: