Ditemukan Nyamuk terbesar di Dunia dengan Bentang Sayap 11 Sentimeter

TrubusLife
Karmin Winarta
26 April 2018   10:30 WIB

Komentar
Ditemukan Nyamuk terbesar di Dunia dengan Bentang Sayap 11 Sentimeter

Nyamuk Raksasa (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Nyamuk yang kita kenal selama ini biasanya berukuran kecil saja. Namun di China ditemukan nyamuk dengan ukuran yang fantastis.

Serangga raksasa yang disebut nyamuk ini mempunyai ukuran tubuh yang luar biasa dengan bentang sayap mencapai 11,15 sentimeter.

Nyamuk ini ditemukan di China Barat Daya. Scmp.com menulis, temuan menghebohkan ini akan dipertontonkan untuk publik di museum bulan depan. 

Serangga raksasa ini ditemukan oleh ahli entomologi China, Zhao Li saat melakukan penelitian di gunung Qingcheng di provinsi Sichuan pada Agustus lalu.

Baca Lainnya: China Kembangkan Radar Sensitif Pendeteksi Nyamuk, Untuk Apa?

Zhao mengatakan dia telah menghabiskan waktu untuk mengkonfirmasikan bahwa nyamuk yang ia temukan adalah serangga terbesar di dunia.  

Lebih detail Zhao mengatakan panjang tubuh nyamuk mencaoai 5cm dan rentang sayap 11,15 cm. Artinya makhluk ini  berukuran 10 kali lebih panjang dari rata-rata nyamuk biasa dan sepertiga lebih panjang dibanding spesies nyamuk, holorusia mikado.

Holorusia mikado adalah spesies nyamuk terbesar dengan rentang sayap rata-rata 8cm, dan ditemukan di Jepang pada tahun 1876. Spesimen yang ditemukan Zhao berasal dari keluarga Tipulidae.

"Saya menegaskan itu adalah nyamuk terbesar di dunia sekitar awal tahun ini," kata Zhao, direktur Insect Museum of West China di Chengdu.

Sekarang nyamuk raksasa ini akan dipamerkan di museum Zhao sebagai bagian dari pameran serangga aneh pada bulan Mei.

Sebanyak 700.000 serangga dari 40 negara di seluruh dunia akan dipajang di museum serangga terbesar di Asia ini.

Namun ada perdebatan apakah serangga itu nyamuk atau bukan, beberapa orang mengatakan serangga itu adalah lalat bangau. 

Lebih dari 800 spesies nyamuk raksasa telah ditemukan di China, dan kira-kira 100 spesies ditemukan di Sichuan, kata Zhao. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: